Minggu, 10 Mei 2015

Kenapa Sinar UV untuk Penyinaran Kura-kura

    Alam liar adalah habitat alami kura-kura, maka setiap hari mereka menghangatkan diri dengan sinar matahari (Sinar UV). Sinar UV memberikan peran utama dalam produksi vitamin D3 yang dibutuhkan dalam penyerapan metabolisme serta penyerapan kalsium, vitamin dan mineral lainnya. Kekurangan vitamin D3 akan menyebabkan kurangnya pertumbuhan cangkang kura-kura dan bisa berujung pada kematian bagi kura-kura. Hal ini harus Anda lakukan untuk kelangsungan hidup yang baik bagi kura-kura Anda.

Bila menggunakan sinar UVB, ada beberapa hal penting untuk diingat :

Pertama, UVB tidak dapat menembus kaca maka jangan menempatkan kaca diatas kandang.
Kedua, sinar UVB dari lampu memiliki intesitas cahya yang rendah, maka letakan di atas pas kura-kura Anda. Lampu UVB umumnya harus ditempatkan 12-15 inci di atas hewan, dan tidak lebih dari 18 inci.

Berikutnya, sebelum membeli bolam UV perhatikan berapa sinar yang dihasilkan. Belilah bolam yang memiliki instensitas cahya yang cukup. Setelah Anda membelinya berikan kura-kura Anda cahya antara 3-5% UVB selama 10-12 jam per hari.

Salah satu kekurangan ketika Anda menggunakan UVB adalah Anda akan merogoh kocek lebih dalam untuk perawatan kura-kura Anda. Anda harus meninjau kembali, untuk menggunakan UVB atau UV 

Sumber artikel : drsfostersmith
Sumber gambar : www.anneahira.com

0 komentar:

Posting Komentar