Sabtu, 09 Mei 2015

Perbedaan Kura-kura, Penyu dan Bulus

    Sebagian orang awam mungkin beranggapan penyu dan bulus adalah istilah lain dari kura-kura, namun kenyataanya ketiga hewan tersebut berbeda. Sekelompok hewan tersebut memiliki ordo yang sejenis yakni Ordo Testudines, ordo yang mencirikan hewan tersebut memiliki cangkang keras sebagai rumahnya. Ibaratnya mereka adalah hewan berbeda namun masih satu bangsa.

Berikut ini adalah perbedaan antara Kura-kura, penyu dan bulus ( labi-labi) :
  1. Berdasarkan habitatnya :
    • Kura-kura : Kura-kura dapat bertahan hidup di darat dan di air, namun kura-kura lebih banyak menghabiskan waktunya di darat.
    • Penyu : Penyu memiliki habitat asli di laut namun pada saat penyu bertelur maka mereka akan mencari daratan untuk meletakan telurnya.
    • Bulus atau labi-labi : Seperti halnya kura-kura dan penyu, bulus dapat bertahan hidup di darat dan di air namun mereka lebih sering di laut daripada di darat.

  2. Berdasarkan struktur tubuh :
    • Kura-kura : Kura-kura memiliki dua lapis cangkang yaitu cangkang luar dan cangkang dalam, cangkang luar bersisik keras sedangkan cangkang dalam berupa susunan tulang yang rapat. Kemudian kura-kura memiliki kaki yang tajam untuk berjalan di daratan.
    • Penyu : cangkang penyu berjenis kulit dan tidak bersisik. Penyu memiliki kaki yang lebar, kaki ini membantu penyu untuk berenang di laut.
    • Bulus atau labi-labi : cangkang bulus sama dengan penyu namun lebih lembek dan rapuh. Kaki bulus juga sama dengan penyu, panjang dan lebar.

Perbedaan tersebut sudah bisa membedakan antara kura-kura, penyu dan bulus. 

Referensi artikel : Alamendah blog
Sumber gambar : sayapunyainformasi blog



0 komentar:

Posting Komentar