Minggu, 10 Mei 2015

Membuat Aquarium Sesuai Habitat Kura-kura


    Jika Anda adalah seorang pencinta kura-kura maka Anda harus melakukan apa saja agar kura-kura kesayangan Anda lebih nyaman dengan habitatnya sekarang. Tidak sekedar memeliharanya tetapi merawat nya seperti anak sendiri. Seekor hewan akan tumbuh besar dengan baik ketika mereka tetap hidup seperti habitat aslinya di alam. Berikut ini adalah hal yang bisa Anda lakukan adalah 

Kandang (Aquarium)

Hewan amphibi seperti kura-kura harus ditempatkan di wadah yang rendah dan memungkinkan mereka untuk berenang, berjemur dan bergerak bebas. Ukuran kadang disesuaikan dengan ukuran kura-kura Anda, seharusnya Anda bisa memperkirakan wadah ukuran berapa untuk kura-kura yang berukuran berapa. Hal tersebut menyangkut banyaknya kura-kura di dalam suatu kandang. Usahakan mereka tidak berdesak-desakan. Selain perkiraan luas kandang kura-kura Anda juga harus memperhatikan luas area berenang dan luas area berjemur. Luas area tersebut disesuaikan dengan jenis dan besar kura-kura Anda. Konsultasikan hal ini kepada konsultan pet shop langganan Anda.

Suhu

Perlu diketahui bahwa suhu air dan suhu daerah berjemur adalah dua hal yang berbeda. Suhu air yang direkomendasikan adalah sekitar 78 ° F. Kemudian untuk suhu daerah kering (zona berjemur) adalah sekitar 80 ° sampai 85 ° F, Anda dapat menggunakan lampu panas untuk membuat suhu lebih panas. Pantaulah suhu area-area tersebut mengunakan termometer setiap hari, karena suhu adalah faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kura-kura.

Penerangan

Seperti halnya hewan lainnya, kura-kura juga membutuhkan cahya, lebih tepatnya cahaya dengan spektrum penuh. Gunakan lampu UVA dan UVB didalam kandang kura-kura agar lebih efektif. Kedua lampu ini mempengaruhi nafsu makan dan aktivitas berkembang biak kura-kura. Saya merekomendasikan agar Anda menggunakan cahaya alami dari sinar matahari secara berkala.

Kelembaban

Kura-kura membutuhkan kelembaban yang rendah ketika mereka lebih banyak menghabiskan waktunya di area berenang. Ketika mereka lebih banyak berjemur maka mereka membutuhkan kelembaban yang tinggi. Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana cara mengetahui kelembaban tersebut. Anda dapat menggunakan alat pengukur kelembaban yang bernama hygrometer. Kelembaban setiap kura-kura juga berbeda, tergantung jenis kura-kura Anda. Lebih jelasnya silahkan Anda hubungi dokter hewan untuk menanyakan tentang kelembaban kura-kura.

Pembersihan & Filtrasi

Kura-kura menghasilkan kotoran yang banyak dibanding dengan hewan amphibi lainnya. Oleh karena itu kebutuhan penyaring di dalam kandang kura-kura adalah kebutuhan mutlak untuk menjaga kebersihan air. Selain itu kegiatan seperti menguras air dan menggantinya dengan yang baru harus dilakukan secara rutin. Minimal setiap dua minggu sekali Anda harus melakukannya tergantung jenis filter yang Anda gunakan. Ingat, kebersihan pangkal kesehatan. Kandang kura-kura Anda bersih maka kura-kura Anda juga akan sehat.

Referensi artikel : drsfostersmith
Sumber gambar : kampungkurajatim

0 komentar:

Posting Komentar